Akses dan Transportasi di Tempat Tinggal

Point penting untuk transportasi dan akses menjadi sebuah aspek yang utama dalam memilih pilihan tempat tinggal. Akses yang tepat akan membuat Anda leluasa pergi ke mana-mana, terutama ke kantor, sekolah, pusat kesehatan, serta pusat perbelanjaan. Untuk yang tinggal di apartemen tengah kota mungkin tak perlu khawatir soal akses dan trasportasi sebab lokasinya yang berada di pusat kota memudahkan Anda untuk pergi ke mana-mana.

Selain itu, pilihan transportasi umum juga banyak tersedia, mulai dari Transjakarta, bus, commuter line, taksi, sampai yang sedang dibangun, Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Sementara itu, lokasi rumah tapak di pinggir kota yang jauh dari pusat kota akan menyulitkan Anda untuk berpergian dan biaya akomodasi jadi lebih mahal jika tempat kerja atau aktivitas Anda jauh dari rumah. Untuk yang bekerja di kota, sebaiknya pilih lokasi rumah yang dekat dengan transportasi umum, seperti commuter line atau Transjakarta.

Namun, Anda tak perlu khawatir sebab saat ini sedang dibangun LRT yang nantinya akan menghubungkan Bodetabek dengan pusat kota. Pembangunan LRT yang ditargetkan rampung pada akhir 2016 mendatang ini akan menjangkau kawasan penopang Jakarta, seperti Bekasi, Cibubur, dan Bogor. Hendra Hartono, CEO Leads Property Services Indonesia, mengungkapkan dengan adanya LRT akses yang mudah menuju ke Ibu Kota dapat membantu banyak orang untuk tidak ragu tinggal di luar Jakarta. Perjalanan menuju pusat kota menjadi lebih singkat. Contohnya, perjalanan dari Cibubur ke Kuningan dengan moda transportasi LRT ini hanya memakan waktu 45 menit. Menghemat waktu, bukan?

CEK SEBELUM MEMILIH

Anda wajib mengeceknya sendiri guna memantapkan pilihan Anda, jangan sungkan-sungkan untuk menjelajah semua fasilitas yang ada. Untuk rumah yang berada di pinggir kota, sebaiknya periksa fasilitas umum dan fasilitas sosial berikut ini.

FASILITAS UMUM: • Jalan masuk-keluar • Saluran drainase/got • Penerangan rumah dan jalan • Fasilitas air minum dan air bersih (jet pump/ PAM) • Jaringan telepon dan internet FASILITAS SOSIAL: • Tempat ibadah • Lapangan/taman/areal terbuka • Pos keamanan • Balai pertemuan warga Selain faktor fasilitas, faktor biaya perawatan juga cukup penting untuk diperhatikan. Bila tinggal di rumah banyak sekali iuran yang harus dibayar mulai dari keamanan, kebersihan, listrik, telepon, iuran acara RT, dan lain sebagainya. Beda dengan apartemen yang cukup sekali saja perbulan, karena sudah mencakup semua jenis iuran. Bahkan, ada pengelola apartemen yang menagih per 6 bulan untuk biaya perawatannya. Namun, bila ditotal keseluruhannya, biaya perawatan apartemen relatif lebih tinggi dibandingkan rumah.

Hal penting lainnya untuk sebuah rumah adalah genset yang berguna sebagai sumber listrik alterntif. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor resmi jual genset Bali yang memberikan harga diskon dan garansi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *