Simpan Barang Sesuai Jenisnya

Jangan mencampur-adukkan berbagai barang dalam satu tempat. Itu kunci agar ketiga benda ini tersimpan rapi di tempatnya. Sudah mengambil pakaian dengan hati-hati tapi lemari tetap terlihat berantakan? Atau sepatu Anda berserakan di mana- mana? Kalau ini yang terjadi, mungkin ada yang salah dari cara Anda menyimpannya. Berbeda dengan barang lain seperti makanan, pakaian, sepatu, dan tas biasanya tak akan berkurang. Selalu bertambah.

Apalagi bagi kaum hawa, yang biasanya selalau berpikir pakaiannya kurang padahal pakaian yang ada di lemarinya sudah bertumpuk demikian penuhnya. Bagaimana agar tak berantakan lagi? Berikut tip dari Muhamad Fahmi, dosen mode Institut Kesenian Jakarta dan Enira Arvanda, dosen Arsitektur Interior Universitas Indonesia, tentang cara menyimpan ketiga benda ini dengan benar.

TAS

Jika tas Anda cukup banyak, sebaiknya Anda membuat rak khusus untuk menyimpannya. Jangan menumpuknya di dalam lemari bersama dengan pakaian. Rak ini bisa menyatu dengan lemari pakaian, misalnya dengan membuat rak tambahan di samping lemari pakaian Anda.

Saat ini, di toko online, tersedia hanging bag keeper. Dengan benda ini, Anda bisa menggantung tas Anda di lemari pakaian Anda. Harganya sekitar Rp185.000- Rp200.000/buah.

Agar Tas Awet

Masukkan tas ke dalam kain pembungkus, lalu masukkan ke dalam lemari. Seperti halnya sepatu, tas juga harus dikeluarkan paling tidak sekali sebulan, di angin-anginkan dan dibersihkan.

PAKAIAN

Buat beberapa jenis penyimpanan sesuai dengan jenis baju yang kira-kira Anda miliki. Penyimpanan yang sesuai jenisnya ini, selain akan membuat lemari rapi, juga membuat Anda mudah mencari baju yang diinginkan serta membuat baju awet.

  • Sebaiknya pakaian yang dilipat adalah pakaian harian yang hampir setiap saat bisa dipakai, seperti kaos, celana pendek, pakaian dalam, kaos kaki, dsb. Bahan jersey (seperti kaos bola dan pakaian renang) serta bahan rajut juga sebaiknya dilipat karena jika digantung terlalu lama, bahan ini akan melar. Itu sebabnya, jika Anda punya banyak pakaian seperti ini, Anda harus lebih banyak membuat rak.
  • Pakaian yang sifatnya semi formal maupun formal seperti kemeja, celana panjang, rok, jaket, jas dan dress harus digantung. Tujuannya, jika digunakan Anda tak perlu repot menyetrikanya kembali. Untuk pakaian formal, tak boleh ada bekas lipatan. Anda memiliki banyak pakaian formal, Anda harus membuat penyimpanan yang memiliki tempat menggantung.
  • Simpan pakaian sesuai dengan ergonomi tubuh kita. Yang paling sering dipakai diletakkan di rak yang sejajar torso (tubuh tengah) kita, yakni di rak-rak tengah. Pakaian yang tebal dan berat— seperti jaket atau baju rajut—bisa diletakkan di rak bawah. Pakaian yang jarang diambil, namun tak terlalu berat dapat diletakkan di rak paling atas. Hal ini bertujuan agar kita tidak terlalu sering membungkuk saat mengambil barang, yang lama-kelamaan bisa membuat cedera pada tulang belakang.

Selain merapikan barang – barang di rumah, perlu juga ditambakan sebuah genset untuk rumah. Harga genset murah untuk rumah bisa dibeli melalui Suplier resmi jual genset 100 Kva Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *